Canon 60D

3 min read

Canon 60D

Canon terus mengembangkan berbagai jenis kamera DSLR yang mampu menarik simpatik pecinta kamera. Boleh dibilang, kamera Canon 60D merupakan penerus sekaligus pengganti dari kamera semi – pro EOS 50D. Karena selain berkelanjutan secara numerik, EOS 50D memang telah tertinggal saat diperkenalkannya 60D ini.

Keunggulan dari Canon 60D sendiri yaitu:

  1. Memiliki resolusi lensa mencapai 18 MP dengan didukung APS-C CMOS serta prosesor DGIC yang membuat hasil jepretan terlihat lebih tajam baik menggunakan flash ataupun tidak.
  2. Dilengkapi baterai tipe LP-E8 yang diklaim sangat hemat sehingga dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.
  3. Kamera ini juga dilengkapi port interface USB 2.0 HDMI yang berfungsi untuk mempermudah proses pengiriman data ke perangkat.

Spesifikasi Canon EOS 60D

FITUR SPESIFIKASI
Tipe Canon EOS 60D
Ukuran (L x W x H) cm (14.5 x 10.6 x 7.9) cm
Berat (kg) 0.75 kg
Megapiksel 18.0
Ukuran Layar (in) 3.0
Warna Hitam
Fitur HD Recording|Image Stabilization|Wide Angle
Garansi Produk 1 Tahun Garansi (Spare-part & Service)
Input USB
Output Component Video|Composite Video|3.5mm jack|USB|HDMI
Tipe Baterai Li-Ion
Resolusi Layar 1040000 dots
Format Foto JPEG, RAW
Ukuran File Foto 5184 x 3456
Format Video MOV
Resolusi Video 1920 x 1080
Video HD Ya
Focal Length 18-55mm
Image Stabilization Ya
ISO Range 100-3200
Range Aperture Lensa f/3.5-5.6
Range Shutter Speed 30 – 1/8000 detik
Built in Flash Ya
HDMI Port Ya
Tipe Memory Card SD|SDHC|SDXC
Tipe Layar LCD Layar

Review Hasil Jepretan Canon 60D

Hasil Jepretan Canon 60D

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Canon EOS 60D

  • Kualitas foto yang sangat baik pada ISO tinggi sekalipun
  • Detail superb dan tajam pada ISO rendah
  • Ergonomi yang baik dan nyaman di genggaman tangan
  • Performa yang baik di kondisi kurang cahaya dengan level noise yang rendah
  • Pemprosesan file RAW di dalam kamera dan fitur creative filter yang mudah digunakan
  • User interface yang dapat di kustomisasi
  • Hasil video HD dan FHD yang berkualitas.
  • LCD putar yang memudahkan
  • Soket microphone eksternal
  • Software bundle
  • Daya tahan baterai yang baik

Kekurangan Canon 60D

  • White Balance sering lebih pada Orange dengan lighting buatan
  • AF lambat pada mode Live Mode mengurangi keuntungan dari LCD putarnya
  • Konstruksi plastik

Harga Canon 60D

Canon EOS 60D Harga
Canon EOS 60D Body Rp7.250.000
Canon EOS 60D Kit1 (with EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS) Rp8.225.000
Canon EOS 60D Kit2 (with EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS) Rp10.410.000
Canon EOS 60D Kit3 (with EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS) Rp11.340.000

Tips Menggunakan Canon EOS 60D

Tombol putar Mode di sebelah kiri atas panel memungkinkan anda untuk memilih variasi eksposur. EOS 60D membagi menjadi 2 kategori tombol putar, Basic dan Creative.

Baca juga: Canon 600D

Kategori Basic yaitu pengaturan Full Auto dan 6 pilihan mode scene. Sedangkan kategori Creative yaitu pengaturan Creative Auto, Program, Shutter prioritas, Aperture prioritas, Manual, Bulb, dan mode Pengguna (User) untuk penyimpanan setting sebelumnya. Terakhir, ada satu Mode dial yang tidak termasuk dua kategori diatas, yaitu mode video.

Zona Basic

Night Portrait Mode Night Portrait Mode:

Mode ini untuk mengambil gambar orang saat matahari terbenam atau pada malam hari, membiarkan lampu kilat menerangi subjek, sedangkan lama pencahayaan (eksposure) menghasilkan tampilan lebih cerah di sekitarnya.

Close-up Mode Close-up Mode (Makro Mode):

Putar tombol Mode ke simbol bunga untuk mengatur kamera dalam menangkap subjek yang lebih kecil seperti bunga, perhiasan, dan detail-detail kecil lainnya. Mode autofocus secara otomatis disesuaikan dengan One Shot, pilihan mode drive Single Shot atau 10 detik self timer, dan mode metering diatur ke evaluatif. ISO dan white balance diatur ke Otomatis.

Sports Mode Sports Mode:

Mode ini menggunakan kecepatan rana (SS) yang lebih cepat untuk menangkap subjek yang bergerak cepat. Modus autofocus secara otomatis diatur untuk AI Servo (mode Auto Focus untuk objek yang bergerak terus menerus).

Lampu kilat Off Mode Lampu kilat Off Mode:

Lampu kilat Off mode menonaktifkan penggunaan flash baik internal maupun eksternal yang terhubung.

Landscape Mode Landscape Mode:

Mode Landscape menggabungkan kecepatan rana lebih lambat dengan pengaturan aperture yang lebih kecil untuk meningkatkan kedalaman ruang saat memotret pemandangan yang luas dan bentang pemandangan. Mode ini juga baik untuk memotret pemandangan malam tanpa objek orang di dalamnya.

Portrait Mode Portrait Mode:

Mode ini menggunakan pengaturan aperture besar untuk mengurangi kedalaman ruang, yang mengaburkan latar belakang (blur) untuk menekankan POI pada subjek.

Full Automatic Mode Full Automatic Mode:

Full Automatic ditunjukkan pada tombol Mode oleh persegi panjang garis hijau. Dalam mode ini, kamera membuat semua keputusan eksposur dengan pengecualian kualitas gambar.

Zona Kreatif

Program AE Program AE:

Program AE bekerja mirip dengan penuh otomatis mode eksposur, tetapi memungkinkan kontrol lebih besar atas variabel eksposur.

Manual Exposure Manual Exposure:

Mode ini memberikan kisaran yang sama kontrol eksposur sebagai mode eksposur Zona Kreatif lainnya (kecuali untuk kompensasi eksposur), namun memungkinkan anda mengontrol kecepatan rana (dari 1/8000 sampai 30 detik) dan bukaan lensa secara mandiri.

Shutter-Priority AE Shutter-Priority AE:

Mode ini memungkinkan anda untuk secara manual mengatur kecepatan rana mana saja dari 1/8000 sampai 30 detik, sementara kamera memilih yang terbaik pengaturan aperture yang sesuai.

Aperture-Priority AE Aperture-Priority AE:

Kebalikan dari modus Shutter-Priority, Aperture-Priority AE memungkinkan anda untuk mengatur bukaan lensa (dengan nilai tersedia tergantung pada lensa yang digunakan), sementara kamera memilih kecepatan rana yang paling tepat.

Bulb Mode Bulb Mode:

Mode ini mirip dengan Manual eksposur, dalam hal ini memungkinkan anda mengontrol kecepatan rana dan bukaan lensa secara mandiri. Namun, bukan kecepatan rana tetap, 60D menawarkan rana Bulb, memungkinkan eksposur panjang selama anda menekan tombol rana.

User Setting Mode User Setting Mode:

Memungkinkan anda untuk menyimpan satu kelompok pengaturan kamera untuk mengingat cepat. Berguna saat pengambilan gambar sebuah acara di bawah sumber cahaya yang dikenal.

Kamera Canon 60D VS Canon 70D

Sekilas tidak ada perbedaan antara Canon EOS 60D vs Canon EOS 70D tapi jika diperhatikan betul,  terdapat perbedaan yang cukup menonjol antara Canon EOS 70D vs Canon EOS 60D.

  • Sistem AF pada 70D mendapat perubahan besar dari sistem 9-point 60D, yakni 19-point dan semuanya bertipe cross-type. Dengan pusat menjadi titik presisi tinggi dual-lintas bila digunakan dengan lensa f/2.8 atau lebih cepat.
  • Canon EOS 70D  mengusung prosesor 14-bit DIGIC 5+ dengan rentang ISO 100-12800, bandingkan dengan Canon 60D yang mengusung prosesor DIGIC 4 dan hanya memiliki rentang ISO 100-6400.
  • Canon EOS 70D ini memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dengan resolusi penuh dengan kecepatan 7 frame per detik yang setara dengan 65 gambar berformat JPEG atau 16 gambar dengan format RAW. Bandingkan dengan Canon EOS 60D yang hanya 5.3 frame per detik.

Dari penjelasan diatas, tentu kita dapat menyimpulkan bahwa Canon 70D lebih unggul dibandingkan dengan Canon 60D. Untuk harga Canon 70D dibanderol dengan harga Rp.12.350.000 per Juni 2018. Harga tersebut tentu sesuai dengan fitur yang membuat kamera Canon 70D terlihat semakin canggih.

Canon 70D

lensapedia
2 min read

Canon 1100D

lensapedia
2 min read

Canon 700D

lensapedia
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *